METALCORE, AVENGED SEVENFOLD (A7X)

Jumat, 30 Maret 2012




Rock. Ya, kata tersebut sering kita dengar meski tak tahu pasti artinya. Arti rock dalam kamus Bahasa Inggris berarti batu. Sedangkan arti music rock ialah salah satu aliran musik yang terbagi dalam banyak aliran lainnya yang bercirikan dengan musik yang keras. Music rock tak hanya satu jenis saja, melainkan terbagi menjadi banyak aliran. Yaitu : Heavy Metal / Hard Metal, Metalcore, Hardcore, Punk, Hardrock, dll.
Dari seluruh aliran musik rock di atas, musik terkeras ialah Heavy Metal / Hard Metal yang berarti musik metal yang keras. Kemudian, Heavy Metal / Hard Metal melahirkan satu aliran music rock yang tidak terlalu keras, walau banyak orang mengatakan musik tersebut tetap keras, yaitu Metalcore.
Salah satu pemakai aliran Metalcore ialah Avenged Sevenfold. Band ini merupakan band asal Huntington Beach, California, Amerika Serikat. Band satu ini pertama kali terbentuk pada tahun 1999 dengan 4 orang pendirinya. Diantaranya : Matthew Charles Sanders (Matt Shadows), Jimmy Owen Sullivan (The Rev), Zackary James Baker (Zacky Vengeance), dan Matt Wendt. Pada awalnya, mereka berempat masih berumur 18 tahun dan mereka masih bersekolah di tingkat SMA. Namun dengan keteguhan dan niat yang kuat, mereka dapat menjalani dunia permusikan yang ketat persaingan di Amerika Serikat.
Setelah beberapa bulan mereka menjalani dunia permusikan, Matt Wendt (bassist) mengundurkan dirinya. Lalu posisi bassist digantikan oleh Jonathan Lewis Seward (Johnny Christ). Kemudian bergabunglah personil baru yang berperan sebagai lead guitaris, yaitu Brian Elwin Haner, Jr. (Synyster Gates). Tergabunglah 5 personil yang hingga saat ini tetap setia pada Avenged Sevenfold. Walau pada tahun 2009, The Rev meninggal dunia akibat dari overdossis-nya saat memakai narkoba. Keempat personilnya-kecuali Johnny Christ-lahir pada tahun yang sama, yatu tahun 1981. Sedangkan Johnny Christ lahir pada tahun 1984.
Album pertama mereka berjudul Sounding the Seventh Trumpet pada tahun 2001. Album pertama mereka ini didominasi dengan banyak mengumbar scream vokal, drum yang cepat dan keras. Kemudian lahirlah album kedua mereka pada tahun 2003, yaitu Waking the Fallen. Di album kedua ini, musik mereka masih didominasi oleh scream vokal, walau sudah mengurangi kecepatan musiknya. Pada tahun 2005, munculah album ketiga mereka yang berjudul City of Evil. Pada album ketiga mereka, scream vokal sudah tidak mendominasi, mereka sudah memakai sedikit nada melodi. Dan berlanjutlah kemunculan album mereka pada tahun 2007 yang diberi judul Avenged Sevenfold, tahun 2008 diberi nama Live in the LBC & Diamonds in the Rough, dan album terakhir mereka hingga saat ini ialah Nightmare (2010).
Band yang beraliran Metalcore ini bercirikan dengan scream vokal dari Matt Shadows, double-ride drum dari R.I.P.The Rev, double guitar dari Synyster Gates dan Zacky Vengeance, serta bassist mereka yaitu Johnny Christ. Band metal yang tergolong masih muda ini banyak disukai di banyak kalangan. Terutama Matt Shadows.
Dengan suara beratnya, Matt Shadows selalu berhasil mengambil perhatian
penonton yang sedang melihatnya bernyanyi. Suara scream-annya yang mulus dan keras menjadi ciri khas dari vokalnya. Dengan style metalnya, Matt Shadows menjadi karakter tergelap di band tersebut. Dua lengan yang dipenuhi dengan tato, bibir dan daun telinga yang diberikan anting tindik, membuat Matt Shadows menjadi semakin gelap dan menakutkan, namun itulah ciri khas dirinya yang membuat para fans-nya terkagum-kagum dan hanyut olehnya.
Setelah 12 tahun berkibar melalui Metalcore, Avenged Sevenfold mendapat banyak penghargaan. Diantaranya penghargaan yang diadakan oleh acara music rock di Amerika Serikat. Dengan banyak penghargaan yang mereka dapatkan, mereka dapat membuktikan bahwa mereka bisa menjadi yang terbaik dan menjadikan musik metal dapat disukai oleh banyak kalangan. Tak hanya remaja, anak-anak dan orang dewasa bahkan orang tua pun banyak yang mengidolakannya. 

Band satu ini adalah band terbaik dan terhebat dari band Metalcore yang ada. Dari lirik-liriknya yang indah, berkesan, dan menyanyat hati, Avenged Sevenfold menjadi band terkenal. Alunan musik dan instrumen-instrumennya yang unik dan indah pasti akan membuat para fansnya menjadi semakin mengidolakan mereka. Tidak ada band Metalcore yang lainnya yang dapat mengalahkan kehebatan dari band satu ini. Mereka dapat membuat para fansnya selama akan menjadi fans mereka. Dan hanya musik metal yang dapat menjadi musik terbaik dari seluruh aliran musik yang ada. Dan hanyalah Avenged Sevenfold, raja dari Metalcore.

0 komentar:

Posting Komentar